2. Kolaborasi Antarmuka Otomotif Multimedia
Sumber :
http://monstajam.blogspot.co.id/2012/11/fungsional-kolaborasi-antarmuka.html
http://tyalolitavertika.blogspot.co.id/2014/01/kolaborasi-antarmuka-otomotif-multimedia.html
Kolaborasi Antarmuka Otomotif Multimedia Dilihat Dari
Arsitektur
Pengertian dari Kolaborasi Antar
muka Otomotif Multimedia adalah sebuah kelompok yang dibuat oleh pembuat untuk
menciptakan standar umum yang digunakan untuk mengatur bagaimana cara kerja
perangkat elektronik, seperti komputer dan hiburan unit, berkomunikasi dengan
kendaraan. Automotive Multimedia Interface Collaboration (AMIC) mengatakan akan
menjadi tuan rumah tiga update internasional briefing untuk menjadi pemasok
otomotif, komputer dan teknologi tinggi industri elektronik. Briefing akan
diadakan 23 Februari di Frankfurt, Jerman; Februari 29 di Tokyo; dan Maret 9 di
Detroit.
“AMIC telah membuat suatu kemajuan yang
signifikan dalam satu tahun terakhir ini dalam menyelesaikan struktur
organisasi dan mencapai kesepakatan mengenai persyaratan yang diperlukan untuk
hardware dan software baik di masa depan mobil dan truk,” Juru bicara AMIC Dave
Acton berkata, “Dan sekarang sudah saatnya bagi kita untuk bertemu dengan
pemasok dan mereka yang tertarik untuk menjadi pemasok untuk memastikan kami
pindah ke tahap berikutnya pembangunan kita bersama-sama”. Acton menekankan
bahwa AMIC terbuka untuk semua pemasok yang tertarik bisnis elektronik. AMIC
dibentuk pada bulan September l998 dan saat ini dipimpin oleh 12 produsen
otomotif dan anak perusahaan yang meliputi: BMW, Daimler-Chrysler, Ford, Fiat,
General Motors, Honda, Mitsubishi, Nissan, PSA / Peugeot-Citroen, Renault, Toyota,
dan VW. Seorang juru bicara mengatakan kelompok AMIC berencana untuk mendirikan
sebuah kantor di San Francisco di masa depan.
Kolaborasi Antar muka Otomotif
Multimedia adalah sebuah kelompok yang dibuat oleh pembuat (maker) untuk
menciptakan standar umum yang digunakan untuk mengatur bagaimana cara kerja
perangkat elektronik, seperti komputer dan hiburan unit, berkomunikasi dengan
kendaraan. Memiliki anggota: Fiat, Ford, General Motors, Honda, Mitsubishi,
Nissan, PSA Peugeot-Citroen, Renault. Sedangkan pengertian AMI-C adalah
organisasi global yang mewakili mayoritas dunia produksi kendaraan.
AMI-C mengembangkan dan standarisasi yang umum
multimedia dan telematika otomotif antarmuka untuk kendaraan jaringan
komunikasi. Tujuan dari kolaborasi antar mukaotomotif multimedia antar lain:
·
Menyediakan
interface standar untuk memungkinkan pengendara mobil untuk menggunakan
berbagai media, komputer dan perangkat komunikasi – dari sistem navigasi dan
hands-free telepon selular, melalui manusia maju / mesin sistem antarmuka,
termasuk pengenalan suara dan sintesis, untuk dipersembahkan komunikasi jarak
dekat ( DSRC) sistem untuk kendaraan untuk infrastruktur komunikasi dan sistem
mobil seperti airbag, pintu kunci dan diagnostik input / output.
·
Meningkatkan
pilihan dan mengurangi keusangan sistem elektronik kendaraan. Memotong
biaya keseluruhan informasi kendaraan dan peralatan hiburan dengan meningkatkan
ukuran pasar yang efektif dan memperpendek waktu pengembangan – industri
otomotif efektif terdiri dari banyak pasar yang kecil karena setiap platform
kendaraan sering mengandung berbagai adat-mengembangkan komponen dan platform
yang khas hanya sekitar 50.000 unit.
·
Menawarkan
standar terbuka dan spesifikasi untuk informasi interface dalamkendaraan dan
antara kendaraan dan dunia luar.
Kolaborasi Antarmuka Otomotif Multimedia Dilihat Dari Fungsional
Antarmuka Otomotif
Multimedia Telematika yang dimaksud disini adalah Automotive Multimedia
Interface Collaboration atau yang lebih dikenal dengan singkatan AMI-C adalah
suatu bentuk pengembangan dan stadarisasi yang umum multimedia dan telematika
otomotif untuk kendaraan antarmuka jaringan komunikasi. Adapun tujuan dari
adanya AI-C adalah:
·
Untuk menyediakan interface yang berstandar, sehingga memungkinkan seorang
pengendara kendaraan (mobil) dapat menggunakan perangkat lain melalui berbagai
media, komputer, perangkat komunikasi dari sistem navigasi dan handsfreeyang
biasa digunakan pada telepon selular
·
Untuk meningkatkan berbagai macam
pilihan yang dapat digunakan oleh user dan juga untuk mengurangi keusangan
sistem elektronik kendaraan
·
Untuk memotong biaya yang dikeluarkan untuk keseluruhan informasi kendaraan
dan juga peralatan hidubran dengan meningkatkan ukuran pasar yang efektif dan
memperpendek waktu pengembangan industri otomotif efektif. Karena banyak
jumlah kendaraan yang sering mengandung berbagai adat mengembangkan komponen
dan platfor yang khas hanya sekitar 50.000 unit
·
Untuk menawarkan standar terbuka dan spesifikasi bagi informasi interface
dalam kendaraan dan antara kendaraan dengan dunia luar.
Pada dasarnya kolaboasi antarmuka otomotif multimedia
itu sendiri adalah sebuah organisasi yang mana organisasi ini dibentuk guna
menciptakan standarisasi dunia yang digunakan dalam mengatur bagaimana sebuah
perangkatelektronik dapat bekerja sebagaimana yang diharapkan. Dimana setiap
alat elektronik ini harus dapat bekerja dengan selaras sehingg kendaraan dapat lebih
handal ketika digunakan. Sebelum memasang perangkat ini, alangkah baiknya untuk
terlebih dahulu mencocokkan dengan jenis atau tipe kendaraan yang digunakan,
karena pada dasarnya belum tentu perangkat yang akan dipasang akan selalu cocok
dengan kendaraan yang digunakan, karena itulah perlu dibuat standarisasi
kolaborasi antarmuka multimedia. Sudah terdapat beberapa anggota yang
aktif dalam organisasi Automotive Multimedia Interface Collaboration (AMI-C),
diantaranya adalah : Fiat, Ford, General Motors, Mitsubishi, Nissan, PSA
Peugeot-Cotroen, dan Renault.
Kolaborasi Antarmuka Otomotif Multimedia Fungsional dan Struktural
The Automotive
Multimedia Interface Collaboration (AMIC) didirikan pada tahun 1998 dengan
tujuan untuk mengembangkan serangkaian spesifikasi umum untuk multimedia
interface ke sistem elektronik kendaraan bermotor untuk mengakomodasi berbagai
berbasis komputer perangkat elektronik di dalam kendaraan. Para pendiri
berinisiatif ini terdiri dari Daimler-Chrysler, Ford, General Motors, Renault
dan Toyota, namun sekarang anggotanya semua kelompok pembuat auto utama dan
dengan demikian menyediakan kesempatan strategis baru untuk mencapai suatu set
umum industri mobil persyaratan sebagai dasar untuk konvergensi pasar.
Untuk berbagai
alasan, kendaraan telah tertinggal di belakang rumah dan perangkat komputasi
mobile ketika datang ke alat produktivitas dan multimedia. Keamanan,
kehandalan, biaya, dan desain waktu memiliki semua faktor dalam produsen mobil
menunda penerimaan teknologi baru.
Comments
Post a Comment